Identifikasi Pemahaman dan Level Miskonsepsi Siswa pada Materi Kinematika Menggunakan Instrumen Four Tier Diagnostic Test
Keywords:
Kata Kunci : Four-Tier Diagnostic Test, Pemahaman Konsep, Miskonsepsi, Kinematika, Keywords: Four-Tier Diagnostic Test, Concept understanding, Misconceptions, KinematicsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep dan miskonsepsi siswa pada materi kinematika. Subjek dalam penelitian sebanyak 64 orang siswa yang terdiri dari 30 orang siswa kelas X MIPA 1 dan 34 orang siswa kelas X MIPA 3. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di MAN Batam pada semester ganjil TP 2019/2020. Teknik pengumpulan data berupa tes. Tes yang digunakan adalah tes diagnostik pilihan ganda four-tier. Instrumen tes diagnostik four-tier dapat digunakan untuk mendeteksi pemahaman konsep siswa dan miskonsepsi siswa. Siswa kelas X MIPA di MAN Batam teridentifikasi mengalami miskonsepsi pada materi kinematika dan perlu ditingkatkan pemahamannya. Pemahaman siswa berada pada level rendah sementara miskonsepsi siswa berada pada level sedang. Oleh karena itu perlu dilakukan remediasi terkait materi kinematika dan sebaiknya dilakukan penelitian lanjutan.